Pendakian Lawu Via Cemoro Sewu


hi sobat aq akan bercerita pengalaman saat mendaki di gunung lawu, yuk ikuti serunya..

Gunung Lawu dari ring road

Gunung Lawu berada di kabupaten magetan, provinsi jawa timur. Kata kebanyakan pendaki gunung ini merupakan gunung untuk para pemula...kok demikian????

ya hal ini dikarenakan jalur yang mudah, banyak mata air, dan hampir semua pos ada banyak penjual makanan atau warung makanan..salah satunya yg terkenal adalah mbok yem.

ok guys untuk mendaki Gunung lawu ada banyak rute pilihan seperti cemoro kandang, cemoro sewu, lewat candi ceto, lewat srambang. namun konon yang merupakan jalur resmi cuma ada 2 yaitu cemoro kandang dan cemoro sewu, dan aq memilih lewat cemoro sewu.

Pintu Masuk Cemoro sewu

sampai di cemoro sewu kalian akan melihat pintu masuk yang gagah (menurutku sich), lalu kalian bisa parkir dimanapun kalian mau, karena banyak tempat parkir yg tersedia di sekitar pintu masuk. setelah sampai kalian mau makan dulu atau melengkapi peralatan kalian juga bisa karena banyak warung makan dan juga toko aksesoris pendakian yang tersedia.

oh ya bayar parkir motornya cukup 7000 ya guys, tapi ya nggak tahu kalau ada yang lebih murah. terus bayar tiket masuk cemoro sewu sebesar 10.000 ya guys(kalau tidak naik lagi).

aku mulai mendaki sekitar jam 10 pagi, dari basecamp ke pos 1 jalannya lumayan landai namun agak cukup jauh. namun jangan khawatir sepanjang perjalanan kalian akan menemukan 3 pos bayangan dan sebuah sumber air(kalau tidak salah bersebelahan dengan pos bayangan ke tiga

Pos bayangan 2

Pos 1 bersama mbok kasmi

Di pos 1 kamu akan bertemu dengan pemilik warung yang bernama Mbok Kasmi, beliau orang yang ramah dan begitu care dengan para pendaki. Di warung Mbok Kasmi ada banyak gorengan minuman dan juga nasi jotos(kalau kebagian sich).

setelah istirahat sebentar kita lanjut jalan lagi, baru akan meninggalkan pos 1, kita langsung dihadapkan rute yang menanjak. Kata orang rute dari Pos 1 menuju Pos 2 adalah rute yang sangat melelahkan dan penuh dengan PHP(alay dikit ya...hehehehe). Soalnya rutengan jauh lebih panjang dan medannya naik turunnya lumayan banyak.

Pos 2

Nah setelah perjalanan yang melelahkan, kita akan bertemu dengan Pos 2. Sebuah Pos yang berada di samping tebing nan tinggi. Sebenarnya view dari Pos ini sudah lumayan indah, namun sayang banget kebanyakan para pendaki yang beristirahat di dekat tebing (entah lupa atau sengaja)meninggalkan sampah. jadi jangan heran disini banyak tumpukan sampah dan sedikit ada bau dan juga lalat dari tumpukan sampah.

Dulu disini belum ada warung makan, namun kemarin terakhir naik pas bulan februari sudah ada yang buka warung pas disebelah Pos 2. Ehm makin terjamin nich kebutuhan perut..hehehe.

Pos 3

Jalan lagi, rutenya agak pendek namun berkelok-kelok. Ehm sampailah di Pos 3, sebenarnya saat kalian sampai di Pos ini, kalian sudah disuguhi pemandangan yang lumayan indah. Namun sayang, lagi-lagi karena ulah manusia yang tidak peduli akan lingkungannya..maka jadilah pemadangan disini tak jauh beda dengan yang ada di Pos 2..

Karena hal seperti ini pula banyak para pendaki yang langsung lanjut naik ke Pos 4. Ehm rute Pos 3 menuju Pos 4, sebenarnya rute terpendek(menurut saya lho ya). Namun medannya itu lho berkelok-kelok dan nanjak bukan main. Namun saat kamu ada di Pos 4....
Pos 4

Ehm kalian bis amelihat hamparan langit berada di bawah klian...istilahnya di 5 cm "kita ada diatas awan". Yup pemandangan yang lumayan keren dan indah(kalau cuaca cerah) seakan sebagai obat rasa lelah. Karena seolah-olah lelah kita hilang, namun jangan terlalu lama disini untuk yang tidak kuat dingin. Karena biasanya kabut atau mungkin karena sudah lumayan tinggi, hawa dingin sudah sangat terasa disini(tergantung nyampai sini jam berapa sich dan juga cuacanya).

Dari sini biaanya para pendaki semangat mendakinya muncul lagi, walau rute dari Pos 4 menuju Pos 5 terus sendang drajat dan mbok yem masih jauh. Akan terasa enteng, selain karena kita akan disuguhi pemandangan yang mempesona rutenya juga ndak separah sebelumnya..lumayan landai kok.

Kalau kalian sudah sampai Warungnya Mbok Yem..berart kalian sudah berada di Pos terakhir atau came taeratas di Gunung Lawu ini. Karena kata orang, Warung Mbok Yem merupakan satu-satunya warung tertinggi di jawa timur atau mungkin di Indonesia.

Tugu Puncak Lawu

Ya Mbok Yem adalah pahlawan buat para pendaki, sayangna kalau saya kesana pasti ndak pernah bisa foto dengan beliau..Namun biarlah, biar kalian penasaran...hehehe

Ehm mungkin Gunung lawu tak setinggi mahameru atau gunung lainnya. Namun pemandangannya lumayan keren disini.







Ya itulah sedikit tentang pengalaman muncak di Gunung Lawu...ini lagi prepare untuk Gunung selanjutnya, tunggu info dan liputannya ya guys...see you...salam rimba!!!!!!!!!!.


First